Sumber Makanan Memiliki kandungan Lemak Type Jenuh, Tidak Jenuh serta Trans (serta Manfaatnya)

Alpukat, makanan mengandung lemak baik
Lemak terdiri atas beberapa unsur karbon, hidrogen, serta oksigen, mencakup asam lemak, malam, sterol, vitamin-vitamin yang larut di lemak (misalnya A, D, E, serta K), monogliserida, digliserida, fosfolipid, glikolipid, terpenoid (terhitung di dalamnya getah serta steroid), dan lain-lain. Id.wikipedia.org

Faktor penyusun lemak ialah Karbon (C), Hidrogen (H), Oksigen (O) serta terkadang Fosforus (P) dan Nitrogen (N). Molekul lemak terbagi dalam empat sisi, yakni satu molekul gliserol serta tiga molekul asam lemak

Type Lemak

Lemak biasanya dikelompokkan menadi 3 type yaitu lemak jemu, lemak tidak jemu, serta lemak trans. Masing-masingnya punyai susunan kimia serta bentuk yang berlainan.


Pada ke-3 type lemak itu, ada dampak berlainan pada kandungan cholesterol pada badan. Karakter yang ada pada lemak jemu serta lemak trans yakni banyak bawa cholesterol LDL (jahat) dalam darah yang berefek jelek berbentuk plak melekat di aliran pembuluh darah...

...ini mengakibatkan rusaknya / terusiknya supply oksigen serta skema peredaran darah di badan. Untuk tahu semasing type lemak lebih detil, tersebut ulasannya berikut ini:

Lemak Jemu serta sumber makanannya
Lemak jemu sering disebutkan orang dengan panggilan lemak yang jahat. Lemak berikut yang menyebabkan kesehatan anda jadi terancam. Memiliki bentuk padat seperti lilin, biasanya ada pada makanan seperti daging merah, mentega, susu murni, minyak sawit serta biasanya makanan cepat saji (atau junk food).

Bila bicara mengenai cita rasa, makanan yang memiliki kandungan lemak jemu memberi rasa yang benar-benar lezat, tapi dalam soal kesehatan karena itu benar-benar beresiko (bila dikonsumsi terlalu berlebih).

Mengonsumsi lemak jemu mempunyai dampak mengentalkan darah, hingga menggumpal serta gampang lengket pada dinding pembuluh darah. Akhirnya mengonsumsi lemak jemu dalam jumlahnya terlalu berlebih menyebabkan terusiknya proses peredaran darah di badan.

Lemak jemu gampang melekat pada dinding pembuluh darah, bahaya yang ditimbulkannya yakni pengerasan dinding pembuluh darah...

...bertepatan degan itu, peredaran darah serta oksigen terusik (sebab darah kental serta menggumpal), hingga tingkatkan risiko penyakit beresiko yang benar-benar ditakuti beberapa orang seperti penyakit jantung, darah tinggi, serta stroke.

Lemak tidak jemu serta sumber makanannya
Lemak tidak jemu biasanya memiliki bentuk cair (pada suhu ruang), jika disimpan di almari pendingin dapat menjadi padat memiliki bentuk.

Lemak tidak jemu seringkali disebutkan lemak baik sebab mempunyai faedah untuk kesehatan badan. Beberapa pakar menerangkan jika lemak tidak jemu berperan untuk tingkatkan anti-bodi (ketahanan) badan, turunkan cholesterol LDL (jahat) serta turunkan risiko serangan jantung.

Kandungan lemak tidak jemu yang sehat ini, ada pada bahan makanan seperti Alpukat, ikan-ikanan, kacang-kacangan, minyak sayur seperti minyak zaitun, minyak wijen, minyak bunga matahari, minyak kedelai, dan lain-lain.

Lemak tidak jemu dibagi jadi 2, yakni lemak tunggal serta lemak ganda. Lemak tidak jemu tunggal beradal berbahan minyak zaitun serta almond.

Mengenai lemak tidak jemu ganda datang dari makanan yang banyak terkandung omega 3 serta omega 6 seperti ikan salmon, kedelai, serta minyak jagung.

Mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan lemak tidak jemu, kesehatan akan dapat terbangun serta pun tidak akan terserang obesitas (hingga tak perlu cemas).

Sebaliknya, mengonsumsi makanan memiliki kandungan lemak jemu (terlalu berlebih), bukan kesehatan yang didapat tapi justru terserang risiko penyakit mengerikan seperti jantung serta stroke.

Bila dipakai untuk menggoreng, asam lemak tidak jemu dapat berefek membuat lemak trans yang beresiko, hal tersebut sebab sifatnya yang gampang bereaksi (hingga jangan sering-sering).

Lemak Trans serta sumber makanannya
Lemak trans datang dari lemak tidak jemu yang alami proses pemadatan. Biasanya proses pemadatan dengan tehnik hidrogenisasi parsial. Proses hidrogenisasi yakni menambahkan atom hidrogen pada molekulnya.

Sehiggga dengan tehnik hidrogenisasi parsial, lemak tidak jemu yang biasanya berupa cair, jadi berupa padat serta lebih awet.

Walaupun datang dari lemak tidak jemu yang berbentuk baik, tapi jadi beresiko sifatnya sebab proses hidrogenisasi itu.

Lemak trans sama dengan lemak jemu, sebab sifatnya yang tingkatkan kandungan cholesterol LDL (jahat) serta turunkan kandungan cholesterol HDL (baik). Hingga tingkatkan risiko masalah metabolisme serta risiko penyakit kardiovaskular.

Perusahaan makanan banyak yang menggunakan lemak trans dalam prosse pengerjaan makanan sebab gampang dipakai, harga murah, dan bertahan lama.

Lemak trans dapat juga tingkatkan struktur serta citarasa makanan. Hal memberikan keuntungan yang lain, lemak trans bisa dipakai untuk menggoreng makanan berkali-kali

Beberapa makanan nikmat yang memiliki kandungan lemak trans (yang konsumsinya butuh dibatasi) yakni:
1. Es Cream merayu lidah tiap orang. Tapi es cream di dalamnya terdapat lemak trans yang sampai 0,5 gr per bagian.
2. Aneka makanan memiliki bahan inti daging sapi.
3. Aneka type makanan panggang yang dibekukan.
4. Biskuit. Tetapi, tidak semua produk biskuit memiliki kandungan lemak trans. Karena itu, butuh membaca dengan jeli cap dalam paketannya.
5. Popcorn yang memiliki bahan basic jagung sebenarnya sehatkan badan, tapi popcorn yang tersaji berbentuk paket nyatanya ada kandungan lemak trans, hingga butuh dibatasi konsumsinya.

Peranan lemak

Faedah (peranan) lemak pada umumnya yakni:
1. Sebagai cadangan daya. Sumber daya penting badan ialah karbohidrat, tapi lemak dapat juga dipakai jadi sumber daya waktu badan kekurangan kandungan karbohidrat. Tiap gr lemak mempunyai 9 kalori (2x lipat dari protein atau karbohidrat). Karena itu, jangan terlalu berlebih dalam konsumsi makanan memiliki kandungan lemak.
2. Menyerap Vitamin. Beberapa macam vitamin seperti vitamin A, D serta E memerlukan zat lemak dalam proses penyerapannya. Konsumsi lemak dalam jumlahnya cukup (tidak terlalu berlebih) menolong penyerapan vitamin itu. Vitamin A untuk memperhatikan kesehatan mata, vitamin D menolong penyerapan kalisum, Vitamin E jadi anti-oksidan badan yang membuat perlindungan beberapa sel dari kehancuran karena radikal bebas.
3. Menjaga suhu badan. Susunan lemak direncanakan untuk menghangatkan badan, yakni lewat cara melepas panas hingga dapat tingkatkan suhu waktu situasi keadaan seputar berasa dingin. Pada hewan beruang salju yang tinggal di kutub dengan suhu dingin yang ekstrim. Beruang mempunyai banyak kandungan lemak di tubuhnya, jadi penghangat alami.
4. Manfaat lemak tidak jemu ganda
5. The American Heart Association merekomendasikan untuk penuhi konsumsi asam lemak omega-3 tiap hari. Sumber asam lemak omega-3 terhitung ikan, lemak ikan, kenari, kacang tanah, almond, minyak zaitun, dan lain-lain.
6. Fungsi asam lemak tidak jemu ganda untuk turunkan trigliserida. Di badan, lemak tidak jemu ganda melekat serta bersihkan lemak tidak sehat, terhitung cholesterol jahat.
7. Sebuah studi yang di pimpin oleh periset E. Balk, yang dikerjakan pada tahun 2006, diterbitkan di jurnal "Aterosklerosis,", mengaitkan hasil studinya jika minyak ikan berguna untuk tingkatkan cholesterol baik (yang diketahui dengan HDL) serta turunkan trigliserida.
8. Studi yang lain di pimpin William S. Harris, yang diedarkan dalam di "American Journal of Clinical Nutrition" Mei 1997, temukan hasil studi jika mengonsumsi seputar 4 gr minyak ikan bisa turunkan trigliserida harian sampai 25 %.

Faedah lemak tidak jemu tunggal
1. Turunkan berat tubuh. Tidak semua lemak menyebabkan pada menambahnya berat tubuh. Hasil satu studi diketemukan jika melatih mengonsumsi lemak tidak jemu tunggal dibanding lemak trans, berguna untuk menurunan berat tubuh.

2. Turunkan risiko kanker payudara. Studi yang dikerjakan di Swedia, dengan menyertakan wanita, temukan hasil riset jika wanita dengan diet tinggi lemak tidak jemu tunggal alami penurunan risiko kanker payudara.

3. Turunkan cholesterol jahat. The American Heart Association mereferensikan mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan lemak tidak jemu tunggal, faedahnya untuk tingkatkan profile lipid darah serta dapat turunkan kandungan cholesterol jahat. Ini penting untuk menahan penyakit beresiko seperti stroke serta jantung.

4. Kurangi lemak perut. Satu studi yang diedarkan di jurnal American Diabetes Association, temukan hasil studinya jika mengonsumsi semakin banyak lemak tidak jemu tunggal menolong dalam usaha memperkecil perut buncit. Hingga, memprioritaskan konsumsi lemak tidak jemu tunggal lebih baik dibandingkan diet tinggi karbohidrat.

Untuk barapa banyak konsumsi lemak yang diperlukan badan manusia, pada intinya berlainan, mengenai kira-kiranya di antara 0,5-1gram lemak per 1kg berat tubuh /hari.

Ada banyak faktir yang memperngaruhi, seperti buat beberapa orang yang tinggal di wilayah bersuhu dingin, karena itu butuh konsumsi lemak semakin banyak. Demikian pula pekerja berat memerlukan lemak yang semakin banyak.

Dengan kehadiran konsumsi lemak yang cukup (tidak terlalu berlebih) penting dalam membuat perlindungan badan dari suhu rendah (dingin), untuk pelarut vitamin A,D,E serta K. Membuat perlindungan organ badan penting, membuahkan daya, meredam rasa lapar (lemak perlambat pencernaan), penyusun hormon serta vitamin, serta penyusun empedu, asam kholat (di hati), serta hormon yang lain.

Proses pencernaan lemak pada tubuh

Pencernaan lemak tidak berlangsung di mulut serta lambung sebab dari sana tidak ada enzim lipase untuk lakukan hidrolisis (merusak lemak). Pencernaan lemak dikerjakan di usus, sebab usus memiliki kandungan enzim lipase.

Lemak keluar dari lambung masuk ke usus, selanjutnya akan merangsang hormon kolesistokinin. Hormon kolesistokinin ini menyebabkan kantung empedu untuk keluarkan cairan empedu ke duodenum (usus dua belaas jari).

Empedu memiliki kandungan garam empedu untuk proses emulsikan lemak (pemecahan lemak yang memiliki ukuran besar jadi butiran memiliki ukuran kecil). Ukuran lemak yang lebih kecil (trigliserida) yang teremulsi, penting dalam mempermudah prose hidrolisis lemak oleh lipase yang dibuat penkreas.

Lipase pankreas menghidrolisis lemak (yang sudah teremulsi) jadi kombinasi asam lemak serta monoligserida (gliserida tunggal).

Pengeluaran cairan penkreas direncanakan oleh hormon sekretin yang berperan untuk tingkatkan jumlahnya elektrolit, cairan pankreas, serta pankreoenzim yang kerja untuk merangsang pengeluaran enzim-enzim dalam cairan pankreas. Pencernaan lemak sejumlah besar (seputar 70%) berlangsung di usus halus.

Subscribe to receive free email updates: