5 Tips Memilih Pakaian Olahraga yang Tepat untuk Anak


Mengajarkan olahraga kepada anak-anak sedari kecil merupakan hal yang sangat bagus. Karena olahraga secara teratur merupakan salah satu cara yang dapat kamu lakukan dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, tak terkecuali anak-anak. Dengan olahraga, sistem imun kamu akan meningkat dan menjadi lebih aktif, sehingga badan kamu kebal dari berbagai penyakit. Untuk berolahraga kamu memerlukan baju khusus yang disebut dengan jersey. Kamu bisa bikin jersey sendiri agar bisa disesuaikan dengan ukuran dan selera kamu. 

Tips Memilih Pakaian Olahraga untuk Anak
Ketika melakukan aktivitas olahraga tubuh kita akan mengeluarkan banyak keringat. Maka salah satu tips memilih pakaian olahraga ialah yang menyerap keringat. Terlebih lagi untuk anak-anak yang mengeluarkan keringat berlebih saat olahraga, ia mesti menggunakan pakaian yang berbahan kain spandek agar lebih ringan dan nyaman serta menyerap keringat.
Tidak hanya itu, pakaian olahraga untuk anak-anak mesti memenuhi kriteria yang diuraikan di bawah ini.
  1. Menyerap Keringat
Untuk melakukan aktivitas olahraga, minimal kamu mesti mengenakan baju yang memiliki daya serap keringat cukup baik. Kemudian pakaian itu tidak membuat basah dan berat saat digunakan olahraga karena keringat yang terserap. Pakaian olahraga yang tidak menyerap keringat dapat menimbulkan gangguan kulit serta membuat pori-pori kulit kamu sulit bernafas bahkan tidak dapat bernafas.

  1. Tidak Terlalu Ketat
Pakaian olahraga identik dengan pakaian yang ketat, padahal lebih tepatnya pilih pakaian yang stretchable. Karena mengenakan pakaian yang terlalu ketat dapat membuat kamu kesulitan bergerak. Begitupun dengan pakaian longgar yang dapat membuat kamu kesulitan konsentrasi karena terdistraksi oleh baju yang terlalu longgar.
Pakaian yang tidak terlalu ketat juga mesti kamu kenakan kepada anak-anak saat mereka akan melakukan aktivitas olahraga.

  1. Kenakan Pakaian yang Berpori
Pilihlah pakaian olahraga yang berpori untuk membantu pendinginan tubuh ketika memulai aktivitas olahraga. Hindari penggunaan pakaian dari bahan plastik atau karet karena tidak memiliki fungsi menyerap keringat.
Pakaian olahraga yang berpori biasanya terbuat dari bahan atau kain spandek yang mampu menyerap keringat. Mengenakan pakaian yang berpori tentunya akan memberikan kenyamanan terhadap tubuh kamu sendiri.

  1. Sesuaikan Pakaian dengan Cuaca
Pakaian olahraga yang berwarna gelap cenderung menyerap sinar matahari, sehingga kamu akan merasa kurang nyaman saat melakukan aktivitas olahraga pada waktu siang hari (outdoor).
Lain halnya ketika kamu berolahraga di tempat yang cuacanya dingin seperti pegunungan, kamu bisa menggunakan pakaian berwarna gelap bahkan panjang dan menutupi seluruh tubuh. Berbicara pakaian olahraga yang panjang, kamu bisa bikin jersey sendiri untuk stok pakaian di musim dingin.

  1. Kenakan Sepatu dan Kaos Kaki
Olahraga pastinya mengenakan sepatu dan kaos kaki dong! Akan tetapi, maksud dari poin ini ialah kenakan sepatu yang memiliki permukaan kasar pada alasnya. Fungsinya supaya kamu gak terpeleset saat berjalan, berlari, atau melakukan gerakan kaki yang lainnya. Kemudian kenakan kaos kaki yang berbahan dasar campuran katun agar mampu menyerap keringat yang keluar dari kulit kaki.
Demikian tips memilih pakaian olahraga yang tepat untuk anak-anak. Pada dasarnya, tips memilih pakaian olahraga ini berlaku untuk semua kalangan, bukan sekedar anak-anak aja. Hanya saja, anak-anak memerlukan referensi dari orang tuanya bagaimana cara memilih pakaian olahraga yang tepat agar merasa nyaman saat dikenakan. Kalau kamu sebagai orang tua ragu memilihkan pakaian olahraga untuk anak, mungkin bisa bikin jersey sendiri di toko olahraga online maupun offline.

Subscribe to receive free email updates: