Waspada Bagi Kaum Hawa Yang Suka Begadang Lebih Beresiko Terkena Diebetes



Kerja melewati waktu kerja alias lembur sudah pasti umum di dunia kerja. Pekerjaan yang menumpuk membuat kita kadang perpanjang waktu untuk masih ada di kantor. Walau sebenarnya, banyak bahaya mengawasi buat mereka yang suka lembur, diantaranya diabetes. Lembur disebut bisa tingkatkan efek satu orang wanita terserang diabetes.

Lembur tingkatkan efek diabetes pada wanita

Kerja lembur memang didapati mengorbankan beberapa hal, seperti waktu istirahat menyusut, acara berjumpa rekan yang tersita, sampai permasalahan kesehatan.

Kerja lembur dengan terus-terusan tanpa ada mengenal istirahat memang akan datangkan beberapa permasalahan penyakit. Salah satunya efek yang mengawasi saat satu orang kerja terlalu berlebih ialah diabetes.

Satu studi yang dimuat dalam jurnal BMJ Open Diabetes Research and Care pada tahun 2018 mengutarakan faktanya.

Dalam studi yang dikerjakan pada seputar 7.000 pekerja mengatakan jika wanita yang kerja lembur (45 jam atau lebih dalam satu minggu) mempunyai efek terserang diabetes type dua. Efek itu tambah tinggi dibanding wanita yang cuma kerja 35-45 jam satu minggu. Efek ini tidak punya pengaruh pada pria.

Peter Smith, pemimpin riset, mengatakan jika penambahan efek diabetes pada wanita kerja yang ambil waktu lembur dapat bertambah sampai 50 %.

“Lingkungan pekerjaan jelas bertindak dalam penambahan efek diabetes type dua serta penyakit akut yang lain, itu yang butuh diakui. Kerja lembur bukan salah satunya pola hidup sehat,” tutur periset senior di Institute for Work and Health di Toronto, Kanada.

Peter Smith menjelaskan jika waktu jam kerja yang panjang bisa mengakibatkan depresi. Kondisi itu akan mengakibatkan berlangsungnya tidak seimbangan hormon serta tingkatkan berlangsungnya resistensi insulin yang berbuntut pada diabetes.

Kenapa wanita yang seringkali lembur rawan terkena diabetes?

Walau lembur didapati tingkatkan efek diabetes pada wanita, kenyataannya ini tidak punya pengaruh pada lelaki. Walau sebenarnya, menurut Cameron Mustard, satu orang pakar epidemiologi serta ilmuwan senior di Institute for Work and Health di Toronto, pada umumnya pria mempunyai peluang terkena penyakit yang tambah tinggi pada umumnya.

Mengejutkannya , dalam riset itu diketemukan jika jumlahnya jam kerja yang bertambah (lembur) pada pria justru condong turunkan masalah diabetes pada pria.

Lalu, apa yang membuat wanita malah mempunyai efek tambah tinggi pada diabetes saat mereka lembur? Sebetulnya, belum didapati dengan tentu kenapa lembur tingkatkan efek diabetes pada wanita.

Tetapi, dalam analisa, periset yakini terdapatnya jalinan dengan pekerjaan rumah tangga yang umumnya seringkali dikerjakan oleh wanita. Ini mengakibatkan wanita yang lembur harus lakukan pekerjaan penambahan saat di dalam rumah hingga waktu kerjanya makin banyak dibanding dengan lelaki.

Keharusan mengakhiri beberapa pekerjaan rumah tangga ini selanjutnya membuat wanita mempunyai waktu yang lebih sedikit untuk beraktivitas fisik serta jaga konsumsi makanannya. Dua unsur berikut yang selanjutnya tingkatkan efek diabetes.

Menurut Minisha Sood, satu orang ahli endokrinologi dari Lenox Hill Hospital, New York seperti dikutip dari situs Everyday Health menjelaskan jika wanita yang kerja lembur serta lebih keras mempunyai tingkat depresi yang tambah tinggi hingga punya pengaruh pada diabetes.

Bagaimana jika lembur tidak bisa dijauhi?

Walau sudah ada riset masalah lembur yang bisa tingkatkan efek diabetes pada wanita, lembur terkadang tidak bisa dijauhi.

Jika telah ini, yang perlu dikerjakan ialah mempunyai kesadaran diri kita untuk lakukan pengamatan kesehatan.

Upayakan sedapat mungkin untuk beraktivitas fisik waktu di kantor. Contohnya saja, pilih tangga dibanding naik eskalator atau lakukan olahraga mudah dibalik meja kantor.

Bila Anda beresiko terserang diabetes, seperti merokok atau obesitas, coba benahi rutinitas ini serta mulai aplikasikan gaya hidup sehat. Jika ada kisah keluarga yang mempunyai diabetes, semestinya Anda teratur jalankan kontrol gula darah.

Supaya terlepas dari efek diabetes, wanita atau siapa juga yang hoby lembur semestinya periksakan kandungan gula darahnya. Kontrol bisa dikerjakan dengan mandiri memakai alat cek gula darah atau bisa dengan lakukan kontrol laboratorium.

Kontrol HbA1C sangat mungkin Anda tahu deskripsi keadaan gula darah Anda sepanjang seputar tiga bulan ke belakang. Yang penting, lihatlah juga gizi makanan yang masuk ke pada tubuh Anda supaya lebih imbang.

Subscribe to receive free email updates: