Strategi Penting bagi Pelaku UMKM untuk Hadapi Pasar Global


Saat ini batas antar negara sudah tidak lagi terasa, kamu bisa mendapatkan barang dari luar negeri dengan mudah. Namun, tidak hanya sebagai konsumen, Indonesia juga bisa menjadi produsen di luar negeri. Kadin Indonesia menyediakan wadah bagi para pelaku usaha khususnya UMKM untuk berdiskusi menghadapi pasar global.

UMKM adalah salah satu usaha yang diminati oleh masyarakat dan merupakan kelompok usaha terbesar. Tak heran, pemerintah fokus untuk memberdayakan UMKM sebagai salah satu tombak perekonomian Indonesia. Dengan bantuan Kadin, diharapkan UMKM Indonesia mampu bersaing di pasar global. Tentu para pelaku UMKM juga harus memikirkan strategi.
 
Bagi kamu para pelaku UMKM yang ingin bersaing di pasar global, terdapat berbagai strategi yang harus kamu lakukan. Berikut ini adalah beberapa strategi yang harus dimiliki oleh setiap UMKM.

Produk
 
Setiap UMKM tentu memiliki produk unggulan yang menjadi sumber pendapatan mereka. Sebagai pelaku UMKM, kamu harus menentukan produk apa yang ingin kamu jual. Pastikan bahwa produk tersebut merupakan produk yang dibutuhkan oleh konsumen. Sebelum memutuskan produk apa yang ingin kamu jual, kamu bisa melakukan riset pasar.

Ketika kamu sudah menentukan produk selanjutnya kamu harus memperhatikan kualitas produk tersebut. Jika kamu ingin usaha kamu bertahan di tengah pasar global, maka kualitas produk adalah kuncinya. Produk UMKM kamu yang berkualitas tentu bisa bersaing dengan produk lainnya di pasar global.

Harga 
 
Bagi kamu yang ingin berdiskusi mengenai strategi apa yang bisa kamu lakukan untuk menunjang UMKM kamu bisa menghubungi Kadin. Terdapat berbagai macam strategi untuk usaha kamu dapat bersaing dengan produk luar. Salah satunya ialah harga, tentu konsumen akan menyukai produk dengan harga yang bersahabat.

Saat kamu menentukan harga terdapat berbagai langkah sebelum memutuskan harga yang tepat. Kamu bisa memberikan harga yang bersaing dan berada dibawah harga pesaing kamu. Ini merupakan salah satu cara untuk menarik konsumen membeli produkmu.

Tempat
 
Sebagai seorang pebisnis, tentu kamu harus sering “menjemput bola” dengan mendatangi konsumen. Pemilihan tempat yang baik akan membuat produk kamu menjadi lebih mudah didapatkan. Ketahui target pasar kamu dan buat usaha dimana produk kamu bisa dilihat oleh para calon konsumen.

Jika kamu ingin menjual makanan kekinian, kamu bisa membuka usaha dekat kampus maupun kantor. Kamu harus jeli melihat lokasi dan menemukan tempat yang cocok untuk usahamu.

Promosi
 
Kamu sudah membuat produk yang berkualitas, harga yang terjangkau dan tempat yang strategis, tapi apakah orang mengetahuinya? Promosi adalah cara yang harus kamu lakukan untuk mengenalkan produk kamu. Saat ini, promosi bisa dengan mudah kamu lakukan misalnya melalui sosial media.

Kamu bisa menyewa jasa orang terkenal untuk mempromosikan produk kamu, memang cukup mahal. Namun, jika promosi berhasil maka produk kamu akan dikenal banyak orang dan membuat usaha kamu lancar. Potongan harga juga merupakan salah satu promosi yang saat ini digemari banyak orang.

Sumber daya manusia
 
Dengan SDM yang unggul, kamu bisa menjalankan usaha kamu dengan baik. Saat membentuk usaha, pastikan kamu mempekerjakan orang orang yang unggul dalam bidangnya. Tidak perlu keluarga, jika memang mereka tidak memenuhi kompetensi yang dibutuhkan oleh usaha kamu.

Kemampuan berpikir dan bertindak SDM yang unggul tentu akan membuat bisnis kamu semakin maju. Kamu bisa memikirkan strategi lain dengan karyawan kamu untuk dapat menembus pasar dan persaingan global.

Tidak perlu takut akan kehadiran pasar global yang semakin meluas, produk UMKM kamu juga bisa bersaing dengan produk tersebut. Dengan adanya Kadin Indonesia, kamu bisa mencari lebih banyak ilmu untuk menembus pasar global.

Subscribe to receive free email updates: