Jangan Panik, Terapkan 6 Cara Praktis Ini untuk Perbaikan Atap Bocor

Jangan-Panik,-Terapkan-6-Cara-Praktis-Ini-untuk-Perbaikan-Atap-Bocor
Atap rumah yang bocor tentunya akan membuat Anda merasa tak nyaman. Selain mengganggu kenyamanan, keindahan plafon serta dinding rumah Anda pun jadi berkurang karena rembesan dari air yang masuk lewat lubang di atap tersebut. Jika dibiarkan begitu saja, rumah nantinya bisa mengalami kelapukan. Agar kondisinya tak makin parah, lakukan 6 cara ini untuk perbaikan atap bocor.
1.   Segera Ganti Genting yang Mengalami Kerusakan
Jika ingin menghentikan kebocoran, tentu Anda harus mengetahui dulu penyebab kebocorannya tersebut. Umumnya, kebocoran terjadi karena genting rumah yang telah mengalami keretakan atau pun pecah. Jika kondisi genting seperti ini, jangan pikir panjang lagi untuk menggantinya dengan yang baru. Genting yang telah lapuk juga sebaiknya diganti untuk mengantisipasi terjadinya kebocoran. 
2.   Tambal Atap yang Bocor dengan Menggunakan Waterproofing
Tak hanya ban saja yang bisa ditambal, atap rumah pun bisa ditambal untuk mencegah kebocoran. Pada bagian atap yang mengalami kebocoran, akan diberi lapisan waterproofing. Lapisan waterproofing ini merupakan cat anti air, yang akan mencegah merembesnya air pada atap yang bocor. Jika Anda tak punya dana untuk mengganti atap baru, waterproofing ini mungkin bisa jadi solusi.
3.   Kembalikan Genting yang Bergeser ke Posisinya Semula
Angin kencang atau beberapa penyebab lainnya bisa menyebabkan genting bergeser dari posisinya. Akibatnya, tercipta celah antar genting tersebut yang membuat air merembes dan terjadi kebocoran. Saat atap Anda bocor, amati dulu apakah hal itu disebabkan oleh genting yang rusak atau Cuma karena genting yang bergeser. Genting yang bergeser hanya perlu Anda kembalikan lagi ke tempat semula.
4.   Bersihkan Talang Air untuk Memperlancar Saluran Air Hujan
Salah satu penyebab terjadinya kebocoran adalah tak berfungsinya talang air dengan optimal. Alhasil, air hujan yang seharusnya bisa mengalir dengan lancar pada talang air tersebut malah menumpuk di suatu bagian atap dan menyebabkan terjadinya kebocoran. Jika air hujan bisa mengalir dengan lancar, maka rutinlah membersihkan talang air, terutama dari sampah dedaunan.
5.   Pasang Atap dengan Kemiringan yang Tepat
Jika atap rumah Anda mengalami kebocoran, bisa jadi hal itu disebabkan karena sudut kemiringannya yang tidak pas. Kebocoran atap sangat mungkin terjadi jika desain atap rumah yang terlalu landai. Desain yang landai membuat air tak dapat tercurah ke tanah dengan cepat, sehingga menumpuk dan merembes. Pasanglah atap dengan kemiringan optimal, yakni antara 30 hingga 40 derajat.
6.   Manfaatkan Aksesori Atap
Cara selanjutnya untuk memperbaiki atap Anda agar tak lagi mengalami kebocoran adalah dengan memanfaatkan aksesori atap. Aksesori anti bocor ini akan memberikan perlindungan ganda pada atap, sehingga tak lagi mengalami kebocoran. Beberapa aksesori atap yang bisa Anda pilih seperti genting double dan penutup sisi nok.
Sesuai namanya genting double terdiri atas dua genting di posisi yang sama. Fungsi aksesori ini adalah untuk mencegah meresapnya air ke dalam plafon. Air akan mengalir ke talang dan walaupun nantinya ada rembesan, tak akan mengenai atap rumah. Sedangkan penutup sisi nok berfungsi untuk menahan air dengan setiap sisinya yang dilapisi cat anti bocor, agar tak meresap ke dalam genting.
Itulah tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan perbaikan atap bocor. Baiknya, sebelum kebocoran terjadi, Anda melakukan perawatan atap secara rutin, sehingga kebocoran bisa dihindari. Jika sekiranya Anda tak punya waktu untuk melakukan perbaikan ini sendiri, jangan ragu untuk menggunakan jasa perbaikan atap yang disediakan oleh Sejasa.

Subscribe to receive free email updates: