Laga Indonesia U-16 vs Thailand U-16 Batal Karena Wabah Corona, Berikut Jadwalnya


Pertandingan Indonesia vs Thailand sejatinya digelar pada Jumat (28/2/20). Laga yang ditunggu-tunggu oleh para penggemar sepakbola tanah air terpaksa diundur. Hal tersebut dikarenakan timnas Thailand membatalkan niat mereka untuk hadir di stadion Manahan, Solo. 

Alasan mereka adalah karena virus Corona masih mewabah di sejumlah negara, termasuk Indonesia. Wabah mematikan ini memang tengah menimbulkan kekhawatiran dunia karena dipercaya telah menewaskan ribuan orang. 

Tidak hanya di kota asal wabah, Wuhan, tetapi di beberapa negara lain yang penduduknya pernah berkunjung ke China atau warga China yang sedang melakukan perjalanan ke berbagai negara disinyalir menjadi pembawa wabah virus tersebut.

Sapto Joko Purwadi selaku Sekretaris Askot PSSI Kota Solo dan didampingi Arek Patilatu sebagai perwakilan PSSI menyatakan kebenaran berita tersebut pada saat meninjau stadion Manahan pada Minggu (23/2/20). Anda masih harus bersabar untuk menyaksikan live streaming Indonesia U-16 vs Thailand U-16 tayang.

Sapto mengatakan bahwa dia mengetahui kabar tersebut ketika baru saja mendarat di kota Solo. Tim Thailand menyampaikan jika mereka tidak bisa hadir disebabkan masih mewabahnya virus mematikan yaitu Corona.

Peninjauan venue tetap dilaksanakan sebagai agenda awal tetap dilaksanakan oleh perwakilan PSSI. Mereka meninjau segala kesiapan pada stadion Manahan sebagai tempat berlangsungnya pertandingan Indonesia melawan Thailand yang akan dijadwalkan ulang.

Waktu pemberitahuan yang cukup singkat tidak memungkinkan Thailand digantikan dengan tim negara lain dalam laga uji coba sesuai jadwal yang ditetapkan tersebut. Tim besutan Bima Sakti terpaksa tidak bisa melakukan pertandingan pada waktu tersebut.

Masih ada kemungkinan pertandingan live streaming Indonesia U-16 vs Thailand U-16 akan tetap digelar pada Maret nanti. Lokasi laga tetap dilaksanakan di stadion Manahan, tetapi untuk waktu belum dapat dipastikan. Pemusatan latihan tim Indonesia U-16 masih tetap dilakukan di lapangan UII, Sleman. Beberapa pekan lalu, tim Indonesia U-16 melakukan turnamen segitiga melawan PPU Kaltim U-15 dan PSS U-16. 

Berdasarkan pantauan perwakilan PSSI, stadion yang sudah menghabiskan dana sebesar 301 milyar ini masih memiliki beberapa kekurangan. Meskipun baru saja dibangun, markas klub Persis Solo ini masih harus dibenahi. 

Tiga catatan penting untuk perbaikan stadion Manahan adalah yang pertama mengenai pagar yang berfungsi sebagai area masuknya penonton yang berada di luar stadion. Kedua, pembelian tiket sebaiknya menggunakan sistem elektronik, bukan manual. Terakhir, pagar tribune yang terlalu pendek.

Masukan perwakilan PSSI semoga segera mendapat perhatian dan diterima dengan baik sehingga pada saat pertandingan Indonesia dan Thailand digelar, stadion Manahan sudah jauh lebih baik lagi. Semoga dalam waktu yang tidak lama, Thailand bersedia melakukan laga uji coba di stadion Manahan, Solo sehingga live streaming Indonesia U-16 vs Thailand U-16 dapat segera ditayangkan. Wabah Corona pun semoga dapat diselesaikan dengan baik sehingga tidak menyebabkan kekhawatiran berlebihan dari negara-negara lain.

Subscribe to receive free email updates: