5 Tips Memilih Jasa Ekspedisi Terbaik untuk Pengiriman Barang

5-Tips-Memilih-Jasa-Ekspedisi-Terbaik-untuk-Pengiriman-Barang

Jasa logistik begitu dibutuhkan oleh masyarakat masa kini. Hal ini karena belanja online menjadi salah satu kebiasaan masyarakat di era yang serba canggih ini. Anda bebas memilih barang apa saja yang akan dibeli. Dalam hitungan hari, pihak ekspedisi akan mengirimkannya ke alamat Anda. Dengan adanya jasa di bidang logistik ini, pengiriman barang menjadi lebih mudah. Bahkan, jasa ekspedisi juga bisa mengirim barang sampai ke pelosok.
 
Namun, setiap jasa ekspedisi memiliki kualitas pengiriman yang berbeda-beda. Estimasi pengiriman menjadi salah satu penilaian bagus atau tidaknya jasa pengiriman tersebut. Normalnya barang sampai dalam waktu 2 sampai 3 hari dalam jarak tertentu, seperti Bandung-Jakarta. Namun, jika waktu pengiriman melebihi 4 sampai 5 hari, ekspedisi tersebut tentu tidak akan disukai karena standar pengirimannya yang buruk.

Selain estimasi pengiriman, keamanan kondisi barang juga menjadi hal yang harus diperhatikan. Anda tentu saja pernah mengalami kondisi barang yang pecah atau rusak saat barang tersebut diterima. Ini tentu saja menjadi pengalaman yang tidak menyenangkan. Biasanya, kerusakan ini diakibatkan oleh barang yang sudah pecah sebelum dikemas atau terbanting saat pengiriman.

Memilih Jasa Pengiriman

Oleh karena itu, penting untuk memilih jasa logistik terbaik agar pengiriman suatu barang lebih aman dan cepat. Lalu, bagaimana cara memilih jasa pengiriman terbaik? Berikut ulasannya.

1. Estimasi Pengiriman yang Profesional

Untuk mendapatkan pelayanan terbaik dari sebuah jasa pengiriman barang, perhatikan estimasi pengirimannya. Carilah perusahaan yang memberikan estimasi pengiriman sesuai dengan yang telah dijanjikan. Dengan pengiriman barang yang tepat waktu, tentu saja akan ada banyak pelanggan yang tertarik. Ini bisa Anda perhatikan dari testimoni pelanggan lain atau pengalaman Anda menggunakan jasa tersebut.

2. Standar Ongkos Kirim

Selain estimasi pengiriman yang profesional, Anda juga harus memperhatikan standar ongkos kirim jasa ekspedisi tersebut. Pastikan standar harga yang ditawarkan masuk akal dan sesuai dengan harga pasarannya. Perhatikan juga apakah harga standar ongkos kirim tersebut sesuai dengan estimasi pengiriman yang dijanjikan, seperti pengiriman reguler, kilat, dan lain-lain.

3. Rute dan Jangkauan Pengiriman

Sebuah jasa ekspedisi yang bagus bisa dilihat dari rute dan jangkauan pengirimannya. Semakin luas rutenya, semakin cepat juga barang sampai di lokasi. Jangan sampai sebuah ekspedisi pengiriman tidak mengetahui alamat pengiriman barang. Akibatnya, barang akan tiba lebih lama, dan pelanggan pun tidak akan puas dengan jasa pengiriman tersebut.

4. Keamanan Barang

Barang yang akan dikirimkan tentu saja harus dalam keadaan aman. Selain menjaga agar barang tidak pecah atau rusak, pihak ekspedisi juga harus menyediakan jaminan berupa asuransi. Dengan demikian, ada jaminan barang yang rusak total atau hilang dari pihak ekspedisi, sehingga pelanggan tidak akan merasa dirugikan.

5. Adanya Fitur Tracking

Anda tentu sering merasa harap-harap cemas menunggu kedatangan barang pesanan. Oleh karena itu, pilihlah jasa ekspedisi yang memiliki fitur tracking. Anda bisa lebih mudah melacak keberadaan barang tersebut melalui nomor resi. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir barang akan hilang atau salah kirim. Meskipun salah kirim, biasanya pihak ekspedisi akan mengambil kembali barang tersebut, dan langsung mengirimnya ke lokasi Anda.

Itulah lima hal yang harus kamu perhatikan dalam memilih jasa ekspedisi barang terbaik. Pemilihan jasa logistic sangat penting agar Anda bisa mendapatkan pengalaman terbaik saat memesan barang secara online atau saat mengirim barang. Jasa ekspedisi yang berkualitas bisa Anda lihat dari testimoni pelanggan lain maupun dari website ekspedisi tersebut.

Subscribe to receive free email updates: