5 Cara Mencegah Diabetes Paling Ampuh, Anda Wajib Tahu

Foto: Canva.com Pro

Penyakit diabetes merupakan penyakit yang ditandai oleh naiknya kadar gula darah seseorang secara pesat. Namun faktor lain seperti faktor genetik juga dapat menyebabkan anda terjangkit penyakit satu ini.

Sehingga hal ini membenarkan apabila terdapat pepatah mencegah lebih baik daripada mengobati. Agar kondisi gula darah anda tetap normal anda perlu memperhatikan beberapa penyebab diabetes melitus. Berikut cara mencegah diabetes yang dapat anda lakukan.

Cara Agar Terhindar Dari Diabetes

1. Mengatur Pola Makan

Mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang merupakan cara tepat untuk menjaga kadar gula darah dan juga berat badan. Dengan mengatur pola makan anda dapat mengendalikan berat badan agar tetap ideal sehingga menurunkan resiko diabetes. Namun saat ini kebanyakan orang gemar mengkonsumsi makanan cepat saji yang faktanya tidak memenuhi gizi mereka. Serta hanya akan menimbulkan rasa kenyang tanpa asupan nutrisi terpenuhi.

Untuk mengatur pola makan yang lebih sehat anda perlu memastikan piring anda terpenuhi oleh makanan yang mengandung nutrisi seimbang. Serta tidak mengandung lemak dan kadar gula yang tinggi. Mengatur pola makan dengan baik dan benar merupakan salah satu cara mencegah diabetes yang sangat ampuh. Karena kita dapat mengatur asupan nutrisi yang anda konsumsi agar tidak kelebihan atau kekurangan.

2. Menjaga Kadar Gula Harian

Dalam menjaga kadar gula harian perlu memperhatikan asupan karbohidrat dan gula pasalnya dua nutrisi tersebut sangat mudah mempengaruhi kadar gula darah naik. Anda bisa memilih sumber karbohidrat kompleks yang rendah gula seperti nasi merah atau kentang. Usahakan anda memiliki batas asupan gula yang anda konsumsi dalam sehari maksimal 50 gram dalam satu hari agar anda terhindar dari penyakit satu ini.

3. Rutin Olahraga

Salah satu aktivitas fisik yang dapat menurunkan kadar gula darah anda adalah dengan melakukan olahraga secara rutin. Karena kegiatan satu ini dapat membakar kalori dalam tubuh untuk menghasilkan energi. Dengan terbakarnya kalori tubuh maka tidak akan ada penumpukan glukosa dalam darah. Olahraga dipercaya dapat menjadi cara mencegah diabetes yang ampuh karena akan membantu tubuh menjadi lebih sensitif terhadap insulin.

4. Minum Air Putih

Telah diketahui bahwa banyak minum air putih memiliki beribu manfaat bagi tubuh. salah satu manfaatnya adalah anda akan terhindar dari diabetes. Dengan banyak minum air putih akan meningkatkan kemampuan sel-sel tubuh untuk merespon insulin dengan baik. Sebaiknya anda mengurangi mengkonsumsi minuman-minuman manis seperti soda atau minuman penambah stamina agar memiliki kadar gula darah harian yang normal.

5. Berhenti Merokok

Jika anda seorang perokok aktif sebaiknya untuk menjaga kesehatan anda menghentikan aktivitas satu ini. Pasalnya seorang perokok memiliki resiko lebih tinggi untuk terjangkit diabetes daripada non perokok. Kebanyakan penderita diabetes tipe 2 adalah seorang perokok aktif. Dalam sebuah penelitian mengatakan seorang perokok memiliki resiko 44% lebih tinggi daripada non perokok.resiko akian meningkat apabila anda merokok lebih dari 20 batang per harinya.

Jika anda seorang perokok tidak ada cara mencegah diabetes yang lebih ampuh daripada menghentikan kebiasaan merokok. Hal ini dikarenakan kandungan tembakau pada rokok dapat meningkatkan kadar gula darah yang cukup tinggi sehingga membuat tubuh tidak dapat mengatasi kadar insulin yang terkandung dalam pembuluh darah. Meski sulit anda dapat memulainya sedikit demi sedikit untuk menjaga kesehatan.

Tindakan pencegahan diabetes sangat wajib anda lakukan sedini mungkin. Hal ini dikarenakan semakin meningkatnya penderita diabetes tiap tahunnya. Bahkan tak jarang beberapa penderita adalah anak dibawah umur yang disebabkan faktor genetik dan juga asupan nutrisi yang tidak sehat.penyakit satu ini dapat terkena pada siapa saja yang tidak menjaga pola hidup sehat.

Subscribe to receive free email updates: