Jadul tapi Tetap Eksis, Inilah 4 Keunggulan Ayunan Rotan

Jadul-tapi-Tetap-Eksis,-Inilah-4-Keunggulan-Ayunan-Rotan

Ayunan bayi merupakan benda yang manfaatnya sangat besar bagi bunda yang memiliki anak usia 0 hingga 24 bulan. Karena sangat bermanfaat untuk membantu ibu dalam menjaga anak agar tidak rewel. Tidur di ayunan dapat membantu anak tidur lebih nyenyak dan lama sehingga ibu tidak kerepotan mengurus si kecil yang rewel.

Ada berbagai macam ayunan yang digunakan para orangtua untuk bayi di seluruh Indonesia. Mulai dari yang paling tradisional hingga beragam ayunan modern yang bisa dipindahkan dengan mudah. Banyak para ibu yang menggunakan ayunan modern karena alasan kepraktisan. Namun, ayunan tradisional yang terbuat dari rotan hingga kini masih eksis digunakan oleh para orangtua di Indonesia.

Keunggulan Ayunan Rotan

Meski ayunan berbahan rotan sangat tradisional dengan desain yang dianggap jadul, tapi ayunan rotan ternyata menawarkan lebih banyak keunggulan bagi orangtua. Mau tahu apa saja keunggulan dari ayunan rotan ini, silahkan simak yang berikut:

1. Merupakan Salah Satu Kebudayaan Indonesia

Ayunan rotan merupakan salah satu kebudayaan lokal Indonesia. Hutan Indonesia yang kaya rotan menjadikan komoditi satu ini dapat diolah menjadi berbagai macam benda yang berguna bagi kebutuhan rumah tangga. Mulai perabotan seperti kursi, meja, rak, hingga ayunan untuk bayi.

Menggunakan ayunan rotan sama saja Anda telah melestarikan salah satu kebudayaan nusantara yang makin hari semakin tergerus modernisasi.

2. Mudah Didapat dan Harga Bersahabat

Ayunan bayi berbahan rotan sangat mudah didapatkan di toko-toko furniture atau perlengkapan bayi. Bahkan Anda bisa membeli secara online. Harganya pun sangat bersahabat.

Anda bisa mendapatkan ayunan ini dengan harga bersahabat. Jauh lebih murah daripada membeli ayunan modern. Jadi, sangat cocok digunakan oleh Anda yang memiliki penghasilan tidak terlalu besar.

3. Mencegah Shaken Baby Syndrome

Pernah mendengar mengenai shaken baby syndrome? Yaitu sebuah bentuk trauma yang dialami bayi karena guncangan kepala yang kuat. Biasanya terjadi pada bayi antara usia 0 hingga 24 bulan.

Hal ini bisa terjadi karena orangtua mengayun-ayunkan bayi terlalu kencang saat bermain. Merasa bayi tertawa senang membuat orangtua semangat mengayunkannya, padahal akibatnya bisa sangat fatal. Selain itu, banyak orangtua yang beranggapan apabila mengayun bayi dengan kencang dapat membuatnya berhenti menangis.

Bayi memiliki struktur tubuh yang masih lemah sehingga guncangan yang terlalu keras dapat membuat terjadinya tarikan antara otak dan selaput otak. Adanya tarikan ini dapat menyebabkan perdarahan di retina yang dapat mengakibatkan kebutaan. Menggunakan ayunan rotan akan membantu agar bayi tidak rewel sehingga orangtua tidak perlu terlalu sering mengangkat dan mengayun-ayunkan si kecil.

4. Mampu Membantu Perkembangan Daya Kognitif Anak

Bayi yang mendapatkan istirahat dan tidur yang cukup akan mengalami perkembangan kinestetik yang seimbang. Perkembangan kinestetik anak bisa mempengaruhi perkembangan otak dan kemampuan motorik anak. Selain itu kemampuan kinestetik dapat meningkatkan kepercayaan diri anak sehingga memiliki daya kognitif yang baik.

Menggunakan ayunan rotan untuk menidurkan anak dapat membuat si kecil tidur dengan lebih nyenyak, apalagi jika ditambahkan nyanyian atau lantunan musik, akan membuat istirahat si kecil makin maksimal. Tidur yang cukup dan berkualitas akan membantu anak mendapatkan perkembangan kognitif yang baik juga dapat menstimulasi motoriknya.

Penggunaan ayunan bayi memang sangat membantu para orangtua di rumah. Anda bisa memilih ayunan tradisional seperti ayunan rotan yang terbukti masih memiliki banyak keunggulan atau memilih jenis ayunan modern. Untuk membelinya tidak perlu repot, hanya perlu mengunjungi marketplace kesayangan Anda.

 

Sumber:

  • https://www.halodoc.com/artikel/perlu-tahu-ayunan-bayi-bisa-pengaruhi-kesehatan-si-kecil-
  • https://blakelautner.wordpress.com/2019/05/17/jenis-jenis-ayunan-bayi-rotan/
  • https://inreview.id/ayunan-bayi-rotan-cegah-shaken-baby/

Subscribe to receive free email updates: