Tips Pola Hidup Sehat agar Terhindar dari Berbagai Penyakit di Masa Pandemi

Foto: Canva.com pro

Masa pandemi yang tak kunjung usai, membuat semua orang harus makin ekstra dalam menjalankan pola hidup sehat. Pasalnya, satu-satunya cara untuk melindungi tubuh dari berbagai macam virus adalah dengan menerapkan hidup sehat. Dengan begitu, anda bisa tetap bugar untuk melakukan aktivitas sehari-hari meskipun dalam keadaan pandemi seperti ini.

Tips Mengatur Hidup Sehat di Masa Pandemi

1. Jangan Sampai Stress Berlebihan

Banyak yang sudah membuktikan bahwa pikiran dapat menyebabkan imunitas dan daya tahan tubuh menjadi menurun. Rasa stress yang berlebihan akan membuat energi yang ada pada tubuh anda terkuras dan menyebabkan anda rentan terkena berbagai macam penyakit. Dengan terkurasnya energi, anda akan lebih banyak merasa lelah dan mudah terinfeksi virus.

Untuk menghindari hal tersebut, salah satu cara untuk menerapkan pola hidup sehat yang bisa anda lakukan di masa pandemi adalah dengan mengelola mood dan stress. Jauhkanlah pikiran-pikiran yang dapat menjadi pemicu stress anda. Mengelola mood dan stress akan membantu tubuh anda memproduksi energi positif yang juga bisa meningkatkan imunitas dari dalam tubuh.

2. Jaga Pola Tidur yang Cukup

Tidur menjadi salah satu aktivitas penting yang bisa mempengaruhi aktivitas anda sehari-hari. Tidak hanya berpengaruh pada fisik, tidur juga dapat mempengaruhi kondisi emosional anda. Biasanya orang yang tidak cukup tidur, akan lebih mudah merasa lelah dan juga susah untuk fokus. Secara tidak sadar, hal ini dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh anda.

Untuk itu, penting bagi anda memiliki jadwal tidur yang cukup untuk mengistirahatkan seluruh organ tubuh. Memiliki pola hidup sehat dengan jam tidur yang sesuai yakni selama 8 jam juga berguna untuk membuat tubuh meregenerasi sel-sel yang mati, kemudian akan diganti dengan sel-sel baru. Aktivitas tidur juga menjadi salag satu waktu bagi tubuh untuk mendetox racun.

3. Lakukan Olahraga Secara Teratur

Mellakukan gerak olah tubuh, juga menjadi salah satu hal yang bisa dilakukan untuk terus menjaga kesehatan tubuh. Ketika anda bergerak, maka aliran darah dalam tubuh akan menjadi lancer, sehingga proses pemasukan oksigen dari dalam tubuh juga akan menjadi lancer. Olahraga juga berguna untuk menyehatkan dan mengoptimalkan fungsi dari organ jantung.

Karena sedang masa pandemin, anda tidak perlu melakukan olahrga yang terlalu berat, atau mengharuskan untuk bertemu dan berkumpul dengan banyak orang. Anda bisa meluangkan waktu selama 15-20 menit untuk melakukan jogging di pagi dan juga sore hari. Namun, pastikan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku dengan membawa masket atau face shield.

4. Penuhi Asupan yang Diperlukan Tubuh

Tubuh manusia memerlukan berbagai macam asupan nutrisi daan juga vitamin yang berguna bagi kesehatan tubuh. Beberapa nutrisi dan vitamin ini, tidak dapat diproduksi secara mandiri oleh tubuh, sehingga hanya bisa didapatkan dari konsumsi makanan sehat yang mengandung banyak vitamin, nutrisi dan juga mineral yang dibutuhkan oleh tubuh anda.

Untuk itu, dalam menjaga pola hidup sehat anda juga harus mengkonsumsi makanan yang bergizi. Makanan ini, bisa didapatkan dengan menu 4 sehat dan 5 sempurna yang sudah lengkap dengan berbagai makanan sumber vitamin, mineral dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, anda juga harus mengkonsumsi air yang cukup yakni sebanyak 2 liter perhari.

Tubuh yang sehat seakan menjadi investasi yang panjang bagi manusia. Untuk itu, memiliki kesadaran untuk menjaga kesehatan tubuh menjadi poin penting terlebih di masa pandemi. Melakukan beberapa hal diatas, akan membantu tubuh untuk menjaga stabilitas dan daya tahan tubuh anda. Sehingga, tubuh akan menjadi kebal dalam menghadapi berbagai macam penyakit.

Subscribe to receive free email updates: