Solusi Aman Gunakan Jasa Ekspor Barang ke Luar Negeri

Solusi-Aman-Gunakan-Jasa-Ekspor-Barang-ke-Luar-Negeri

Semakin banyak tersedianya penyedia jasa pengiriman barang ke luar negeri membuat aktivitas ekspor pun kian meningkat seiring waktu. Apalagi semakin banyak pula masyarakat dunia yang mulai tertarik dengan produk buatan Indonesia. Penggunaan jasa ekspor barang pun menjadi sebuah kegiatan yang tidak boleh secara asal dilakukan. Mengapa? Banyak kasus pengiriman barang yang berujung menimbulkan masalah dan kerugian bagi pihak pengirim.

Banyak sekali yang fokus dengan harga atau tarif pengiriman. Padahal layanan yang diberikan juga tidak bisa dipercaya. Nah, Anda tentu tidak ingin mengalami masalah karena salah memilih penyedia jasa tersebut, bukan?

Tidak Hanya Soal Harga Layanan yang Murah

Berikut beberapa cara dalam memilih jasa ekspor ke luar negeri yang aman.

1. Melihat Latar Belakang dan Riwayat Aktivitas Penyedia Jasa

Setiap perusahaan atau tempat usaha yang menghadirkan produk jasa pastinya memiliki latar belakang, sekaligus riwayat aktivitas yang menjadi satu hal penting dalam membangun citra perusahaan itu sendiri.

Pastikan latar belakang perusahaan jelas, bagaimana perusahaan tersebut berdiri dan apa saja produk yang ditawarkan. Kemudian perhatikan riwayat aktivitas, termasuk testimoni dari para pemakai jasa sebelum-sebelumnya.

2. Mekanisme yang Terbuka dan Jelas

Perlu diperhatikan, pengiriman barang ke luar negeri wajib memenuhi sejumlah aturan dan kebijakan yang berlaku bagi kedua negara yaitu negara asal dan negara tujuan. Sehingga dari segi mekanisme sistem pengiriman pun harus terbuka dan jelas supaya Anda tahu tahapan apa saja yang akan dilewati oleh barang kiriman Anda saat ditangan jasa ekspor barang pilihan.

Jangan sampai Anda tidak tahu dan ketika terjadi masalah, Anda kebingungan mencari barang Anda karena tidak tahu sistemnya.

3. Menyediakan Media untuk Memberi Banyak Informasi

Penyedia jasa kirim barang khususnya ke luar negeri sangat beragam dalam menyajikan layanan dan fasilitas. Jauh lebih baik memilih perusahaan yang menyediakan media sebagai wadah informasi kepada konsumennya.

Mulai dari adanya akun media sosial, akun khusus untuk layani pertanyaan dan keluhan customer, hingga website resmi yang secara jelas memberi berbagai informasi seputar perusahaan dan layanan jasa kirim barang.

4. Mudah Dihubungi dan Siap Memberi Solusi dalam Ekspor Barang

Terakhir, pilih perusahaan jasa yang mudah dihubungi. Baik melalui media sosial, email, maupun ponsel atau telepon. Perhatikan pula apakah mereka mampu memberi solusi saat Anda bertanya seputar proses pengiriman.

Contohnya, mengirim barang yang rentan rusak dan bisa saja ditolak di negara tujuan, apa yang harus dilakukan. Apakah dalam hal pengemasan harus diatur, atau bagaimana. Mereka harus mampu pula menjelaskan secara rinci seputar proses pengiriman barang tersebut.

Gunakan jasa ekspor barang yang terpercaya meski harganya tidak terlalu murah. Ada harga, ada kualitas. Termasuk layanan ekspor ke luar negeri.

Subscribe to receive free email updates: